Wednesday 4 January 2012

Memanfaatkan Sampah-sampah RT menjadi Bermanfaat

Kalau kita hitung-hitung berapa banyaknya sampah yang diproduksi rumah tangga setiap harinya, maka sulit untuk memprediksi, karena hampir sewmua yang kita pakai menghasilkan sampah. Mulai alat rumah tangga, alat pertanian, elekrtronik, dan semuanya. Secara kasar untuk tiap harinya rata-rata orang menghasilkan sampah paling tidak 2 kg, maka kalau dikalikan dengan 200juta, maka dihasilkan sampah sebanyak 400juta kg perhari. Kalau ini tidak dikelolah dengan baik maka tentu saja menimbulkan persoalan.
Persoalan yang sering dimunculkan adalah, banjir, bau busuk (pencemaran), penyakit dan pencemaran lingkungan. Sederhana saja sebenarnya untuk memperbaiki ini: diantaranya menerapkan undang-undang yang telah dibuat (dendanya dikurangi tetapi diterapkan. Sekarang ada undang-undang denda jutaan kalau membuang sampah disembarang tempat, tetapi dimakssar belum pernah saya mendengar ada yang dihukum karena buang sampah disembarang tempat.
Ditempat umum biasa kita melihat dilarang buang sampah ditempat ini, tetapi orang tetap membuang, bahkan kalau ditambahkan kata-kata anjing yang membuang sampah ditempat ini, tetapi orang masih membuang sampah. Jadi disini tidak ada kesadaran orang untuk membuang sampah pada tempatnya. Pemerintah juga seharusnya menyiapkan tempat pembuangan sampah yang memadai, karena kalau hanya larangan jangan buang sammpah disembarang tempat, akan tetapi tidak ada tempat tersedia, maka mau tidak mau masyarakat tetap membuang sampah lagi sembarang tempat
Solusi yang lain adalah mengelolah sampah seperti pupuk organi, pembuatan hiasan-hiasan, dll, saya tunggu komentarnya.

0 comments:

Post a Comment