Sunday 1 January 2012

Pupuk Organik Mengembalikan Kesuburan Tanah dan Menyelamatkan Bumi dari Kerusakan Tanah

Pada dasarnya pupuk itu dibagi menjadi 2:
1. Organik
2. An Organik
Organik adalah semua jenis pupuk yang berasal dari sisa-sisa bahan organik, misalnya sisa tumbuhan, sampah organik, faces, urin, sisa makanan, dll. Kesemuanya dapat dikelolah menjadi pupuk organik melalui vermentasi dengan memanfaatkan
BIOAKTIVATOR PEROMBAK BAHAN ORGANIK (Biodekomposer)
Bioaktivator ad. Inokulum campuran berbagai jenis mikrorganisme selulotik dan lignolitik untuk mempercepat pengomposan pada pembuatan pupuk organik.
Mikroba yang terdapat pada bioaktivator itu bisa mempercepat proses penguraian ikatan-ikatan kimia kompleks menjadi lebih sederhana.
Beberapa bioaktivator yang biasa kita kenal dan sangat membantu dalam proses vermentasi adalah:
1. Lactobacillus sp. Penghasil asam laktat, hasil penguraian gula dan karbohidrat, bekerjasama dengan bakteri FS dan ragi. Menekan mikrorganisme berbahaya dan mengurai dengan cepat.
2. Bakteri fotosintetik, dapat mensintetis senyawa nitrogen, gula, dan substansi bioaktif lainnya.
3. Stereptomycetes, memproduksi enzim streptomisin, yang merupakan racun terhadap hama dan penyakit yang merugikan.
4. Ragi (yeast)
Memproduksi substansi yang berguna bagi tanaman dengan cara fermentasi, berguna untuk pertumbuhan sel dan pembelahan akar. Juga membantu bakteri baik lain untuk pembelahan misalnya Actinomycetes dan bakteri asam laktat
5. Actinomycetes.
Organisme peralihan antara bakteri dan jamur yang mengambil asam amino dan at serupa yang diproduksi bakteri fotosintesis dan mengubah menjadi antibiotik untuk kendalikan patogen serta menekan jamur dan bakteri berbahaya . Juga memnciptakan kondisi yang baik untuk perkembangan mikrorganisme lain.

Sisa hasil organik pertanian (jerami), industri (biosolid), perkotaan (kertas, sayuran), dan halaman perumahan (daun, potongan rumput) menyebabkan imobilisasi hara, alelopati, dan sumber penyakit. Secara alami perombakan bahan organik membutuhkan waktu relatif lama sekitar 3-4 bulan terutama yang mengandung lignin.Sementara kalau kita memanfaatkan kelima bakteri dan jamur diatas bisa dipersingkat menjadi bisa sampai 4 hari aja sudah terurai.

an organik.
Anorganik adalah pupuk yang dibuat oleh manusia, dengan campuran bahan-bahan kimia. Pada awalnya pupuk anorganik dapat membantu meningkatkan hasil pertanian, tetapi setelah beberapa tahun dampak akan terlihat. Diantara dampak yang kita rasakan sekarang adalah tanah menjadi keras, tanah susah menyimpan air, tanaman sudah ketergantungan pupuk anorganik. Makanya tanaman yang tidak dipupuk maka susah sekali menghasilkan yang banyak atau ketergantungan.

0 comments:

Post a Comment